CLOCK

WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 21 Januari 2012

KARYA TULIS PULAU DEWATA BALI

BAB I
PENDAHULUAN


1.1Latar belakang Masalah
          Pelaksanaan widyawisata ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini termasuk salah satu program untuk meningkatkan mutu pendidikan para siswa yang di dapat dari lingkungan luar sekolah, serta dapat menghilangkan kejenuhan siswa/siswi terhadap masalah yang ada di lingkungan sekolah. Sekaligus memperbanyak wawasan mengenai objek-objek wisata yang berada di pulau Bali.

1.2Ruang Lingkup Kegiatan
           Kami selaku tim penyusun akan berusaha menyajikan laporan hasil kegiatan
Widyawisata yang berlangsung kurang lebih selama 5 hari, 2 hari dipergunakan untuk perjalanan, sedangkan 3 hari digunakan untuk kunjungan ke objek-objek wisata. objek – objek tersebut adalah :
a.    Pura Tanah Lot
b.    Tanjung Benoa
c.    Pantai Kuta
d.    Pasar Seni Sukawati
e.    Garuda wisnu kencana
f.      Joger Shop
g.    Tari Barong
h.    Bedugul
i.      Pantai Soka
j.      Pantai Sanur
k.    Sangeh
l.      Galuh

1.3Tujuan Pelaksanaan Kegiatan
           Program Widyawisata ini dilaksanakan dengan berbagai tujuan. Tidak semua siswa berpendapat sama. Tim kami mempunyai pendapat sendiri . Pendapat tersebut antara lain :
1.    Menambah wawasan mengenai objek wisata di pulau Bali.
2.    Meningkatkan mutu pendidikan para siswa SMP Negeri 4 Madiun.
3.    Melatih kemandirian siswa.
4.    Melatih kerjasama dan kekompakan antar teman.
5.    Menyegarkan pikiran para siswa kembali.
                                                           




BAB II
PERMASALAHAN

            Dalam kegiatan widyawisata terdapat beberapa permasalahan. Baik secara umum, khusus, maupun mengenai manajemen / pengelola.


2.1 Permasalahan Umum
          2.1.1 Masalah yang dihadapi berkaitan dengan pembagunan nasional.
            2.1.2 Hubungan widyawisata dengan pembangunan nasional .
            2.1.3 Dampak positif kegiatan widyawisata.
            2.1.4 Manfaat widyawisata bagi siswa.

2.2 Permasalahan khusus
            2.2.1 Masalah yang berkaitan dengan situasi objek wisata yang dikunjungi.
            2.2.2 Masalah yang dirasakan oleh siswa dari objek-objek wisata.

2.3 Manajemen / Pengolahan
            2.3.1 Penawaran beberapa objek wisata kepada siswa.
            2.3.2 Menentukan objek wisata yang akan dituju.
            2.3.3 Mekanisme pembagian kelompok karya tulis.
            2.3.4 Pengarahan Pembina tentang kerja kelompok.
            2.3.5 Kepanitiaan.
            2.3.6 Pembiyayaan.
            2.3.7 Fasilitas yang diperoleh siswa.


BAB III
PEMBAHASAN
            Pada bab ini kami akan mengulas satu persatu permasalahan yang ada. Dimana permasalahan itu telah disebutkan pada bab sebelumnya.

3.1 Pembahasan Permasalahan Umum
3.1.1 Masalah yang berkaitan dengan widyawisata
                   a. Objek tujuan widyawisata
1)        Pura Tanah Lot
2)        Tanjung Benoa
3)        Pantai Kuta
4)        Pusat oleh – oleh khas Bali
5)        Garuda Wisnu Kencana
6)      Pantai Sanur
7)      Joger Shop
8)      Tari Barong
9)      Sangeh Monkey Forest
10)  Pasar Seni Sukawati
11)  Dewata
12)  Pulau Penyu
13)   Bedugul

         
                   b. Transportasi
Seluruh rombongan SMP Negeri 4 Madiun menggunakan 3 buah bus dengan fasilitas yang memadai.
                       
                   c.  Jadwal pelaksanaan widyawisata
Kegiatan berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 31 Oktober – 4 November 2011.
3.1.2 Dampak positif kegiatan widyawisata
Dengan adanya widyawisata ini, para siswa dapat melihat secara langsung objek –
objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Sehingga mereka menjadi lebih mengerti seluk – beluk objek tersebut. Dengan demikian, diharapkan mereka mempunyai rencana kedepan yang bisa membuat bangsa kita semakin maju.

3.1.3 Manfaat widyawisata bagi siswa
            Karena para siswa melihat objek wisata secara langsung, mereka jadi mempunyai rasa untuk menjaga dan melindungi objek wisata tersebut. Dan para siswa juga bertambah wawasannya karena mereka didapkan langsung dengan objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan.




3.2 Pembahasan Permasalahan Khusus
          a) Masalah yang bekaitan dengan kondisi objek wisata
3.2.1 Pura Tanah Lot

  

a. Lokasi
               Pura tanah lot terletak di desa Braban, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan, Bali.
      Jarak dari Denpasar ± 25 km.


b. Sejarah
              Disebut tanah lot , karena mempunyai 2 sebab yang pertama ada orang yang
mengatakan Tanah Lot ( tanah keras ), sedangkan yang kedua ialah tanah laut, karena tanah ini berada di tengah laut.
         Pura tanah lot ditemukan oleh seorang resi yang berasal dari pulau jawa. Beliau bernama Sang Hyang Nirartha. Dia melewati selat bali menggunakan sebatang pohon labu. Beliau memberi nama sebuah tempat pingiran pantai yang bentuknya menyerupai bentuk paruh burung dengan nama Gilimanuk. Kemudian ada sebuah hutan luas yang diberi nama Jembaruwana. Beliau menginjakkan kaki di desa Gading Wani. Ternyata desa tersebut sedang dilanda wabah penyakit.
Beliau berhasil menghilangkan wabah tersebut dengan kesaktiannya. Lalu warga desa
menganggap beliau sebagai malaikat. Tanpa sepengatahuan warga, Beliau bertapa diatas sebuah karang, Hingga warga mengetahuinya. Anehnya tempat itu mengeluarkan sinar, lalu warga meminta izin untuk mendirikan pura.
          Dibalik semua itu, ternyata ada seseorang yang tidak suka, namanya Ki Kraban Sakti. Dia mengganggu Sang Hyang Nirarta yang sedang bertapa, akhirya beliau marah dan terjadilah pertempuran yang hebat, dalam pertempuran itu kain Syang Hyang Nirartha sobek dan menjadi ular saat terkena air laut. Ular itu disebut ular suci.
             Akhirya Ki kraban sakti menyerah dan berguru pada Syang Hyang Nirarta. Dan
menghadiahkan keris dengan nama Ki Gajah Baru Sakti, keris itu ditancapkan ditanah, dari tanah tersebut keluar mata air tawar yang kemudian disebut sebagai mata air suci. Lalu beliau melanjutkan perjalanannya kembali. Tetapi warga tidak setuju akan hal itu. Lalu Sang Hyang Nirartha memberi 3 helai rambutnya sebagai penolak wabah penyakit.
            Sebagai tanda terima kasih, Sang Hyang Nirartha member keris yang terkenal sebagai
“ Ki Gajah Baru Sakti “

                        3.2.2  Tanjung Benoa ( waterspot )
Tanjung Benoa Water Sport adalah satu paket wisata air yang ditawarkan kepada para wisatawan yang berlibur di Bali dengan mengambil lokasi di daerah Tanjung benoa dekat dengan kawasan wisata Nusa Dua. Pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang dan tidak ada arus laut, menjadikanTanjung Benoa sebagai satu-satunya tempat untuk olahraga air ini. Semua permainan di sini aman dan anda mendapat asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa permainan ditawarkan di sini seperti:

* Parasailing Anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa persis seperti terjun payung betulan. Waktu permainan ini satu putaran kira-kira 4 menit di udara. Ketinggian tali yang menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter.

* Jetski mengendarai kendaraan di pantai seperti sepeda motor. Jetski di sini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, karena di pantai ini banyak terdapat perahu dan aktifitas watersport lainnya. Instruktur hanya akan mengendarai dari pinggir pantai menuju ke tengah laut, sampai disana giliran anda yang menyetir dan membonceng si instruktur. Waktu permainan ini adalah 15 menit. Kalau anda mau, cobalah menerjang ombak yang ada maka anda akan merasakan sensasi nikmatnya berkendara jetski ini.

* Banana Boat menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah maximal 4 orang dan 1 orang instruktur sebagai pendamping. Anda bisa minta diceburkan ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah minta yang normal-normal saja. Kurang seru rasanya kalau main banana boat tanpa nyebur.



* Flying Fish (Ikan terbang) ini permainan paling baru di Bali. 3 buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya dan ada semacam sayap disamping kanan kiri. Flying Fish dimainkan maximal oleh 3 orang, yaitu 2 orang penumpang di sisi kanan kiri dan 1 orang instruktur di tengah-tengah. Posisi anda bisa berdiri seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang. Flying Fish ini akan ditarik oleh speed boat berkecepatan cukup tinggi dengan jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang di atas air kira-kira 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan. Bagi yang suka tantangan, jangan melewatkan untuk mencoba permainan ini.

* Snorkeling yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamanya anda harus bisa berenang. Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan-ikan hias serta terumbu karang yang ada sambil berenang.

* Scuba Diving Lebih bagus dibandingkan cuma snorkeling. Anda akan diberikan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dsb. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalo anda tdk bisa renang, karena lebih mudah. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air, jadi tidak perlu khawatir. Sebelumnya, anda akan di-brief dulu tentang cara-cara menyelam yang benar. Kedalaman bagi pemula berkisar antar 3 meter – 7 meter didalam air selama 40 menit. Sambil membawa roti utk makanan ikan, anda akan melihat indahnya pemandangan bawah laut yang dipenuhi oleh terumbu karang yang cantik dan ikan hias warni-warni.
* Gass Bottom Boat plus pulau Penyu (Turtle Island) adalah wisata yang paling cocok jika anda mengajak anak anda yang masih kecil-kecil. Dengan menaiki perahu yang di bawahnya ada kaca bening, anda akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut yang terdapat di pantai Tanjung Benoa. Sambil melemparkan roti dari perahu, ikan-ikan akan naik dan mengejar makanan tersebut. Jumlahnya ratusan ekor dan berwarna warni. Demikian juga dengan pemandangan karang laut yang cantik. Setelah puas, perahu akan meluncur menuju Pulau Penyu (Turle Island) untuk melihat lokasi penangkaran PENYU. Di sini anda akan melihat telur penyu yang dikeram, kemudian penyu yang masih kecil-kecil, penyu remaja sampai dengan penyu dewasa yang sudah siap menjadi induk. Jenis penyu tidak hanya satu saja, tapi ada beberapa jenis. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat binatang lain seperti burung, kelelawar, ular, dll yang sangat jinak, sehingga bisa anda pegang untuk difoto.Permainan ini kira-kira selama 1 jam.
*Seawalker adalah wisata berjalan di dasar laut Tanjung Benoa                                                                










              


                                3.2.3  Pantai Kuta



a. Lokasi
              Objek wisata pantai kuta ini terletak 1 km sebelatan selatan Denpasar tidak jauh  dari
pabrik kata – kata Jogger.

b. Sejarah
Menurut para ahli, 300 tahun lalu, kuta merupakan benteng pertahanan Majapahit yang
dibangun oleh Gajah Mada dan didirikan di seluruh daerah kuta. Selain itu, telah dibangun sebuah konco di pinggir lukad mati ( nama sungai ), dimana sungai tersebut dahulu dapat dilayari perahu yang masuk ke pedalaman. Sehingga kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Seorang pedagang dari Denmark pada abad ke19 mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut.
Selama tinggal di bali, beliau menjadi perantara raja bali dengan belanda akibatnya,
kuta terkenal di mancanegara. Karena saat penjajahan, banyak orang Belanda yang datang ke kuta. Dan saat kembali, mereka menceritakan keindahan kuta. Sehingga sampai saat ini Kuta ramai dikunjungi wisatawan.
c. Keadaan
Pantai kuta terkenal di dunia internasional karena keindahan panorama saat matahari
Tenggelam (sunset). Selain keindahan sunset-nya saat sore hari, kuta juga menjadi panas. Hal ini dimanfaatkan oleh para turis untuk menghimtamkan kulitnya.

  


3.2.4 Pusat  Oleh – Oleh  Jajanan Khas Bali





a. Keadaan

Sebuah toko yang menjual berbagai macam souvenir,jajanan  dan kerajinan khas bali.
Seperti Kacang Disko, Brem Khas Bali, Aneka Kripik dll.





3.2.5 Garuda Wisnu  Kencana

dsc07460oi0

a. Lokasi
           Garuda wisnu kencana ( GWK ) adalah nama sebuah patung yang terdapat di bukit Kapur Ungasan, Jimbaran Bali.

b. Keadaan
Patung ini berbentuk Dewa wisnu yang sedang mengendarai burung garuda. Pertama
kali direncanakan tahun 1993 dan mulai dibangun pada tahun 1995. Patung yang
mengahabiskan dana lebih dari USD 42 juta ini dirancang dan diarsiteki oleh Nyoman Nuarta yang saat ini menjadi dosen ITB. Rencananya patung ini akan menjadi patung tertinggi didunia .
Pembuatan patung GWK dibangun pada lahan kapur yang luasnya kira–kira
250 ha. Tinggi patung ini mencapai 146 m, bentangan sayap 70 m ditambah beratnya mencapai 4000 ton .
Disana terdapat air pancur yang konon katanya dapat membuat kulit awet
Muda . Tapi hanya boleh di minum oleh para lelaki dan wanita yang tidak sedang datang bulan . Entah apa sebabnya wanita yang sedang  datang bulan dilarang masuk areal air pancur tesebut.



3.2.6 Pantai Sanur


2006121713022803_sanur (2) 

a. Keadaan
Saat tiba di pantai sanur kita akan dikejutkan dengan dengan merasakan panasnya
sengatan matahari. Tapi udara di sana sejuk dan anginnya besar sekali. Di pinggir pantai sanur terdapat toko-toko yang menjual souvenir khas Bali, dan banyak juga penjual makanan seperti menjual jagung bakar.
Disana kita juga dapat berenag kalau tidak kepanasan tapi kita harus berhati-hati dengan
karang yang ada disana karena karang disana sangat tajam sekali, bahkan ada teman kami yang terluka saat berwnang di sana. Saat kita berenag kita dapat menyawa sebuah sampan 
kecil dengan membayar  Rp 10.000
Di sana juga terdapat wisatawan mancanegara yang sekedar untuk berenang dan
menghimtamkan kulit mereka.   



3.2.7 JOGER SHOP

joger

a. Lokasi
     Joger terletak di Jl. Raya Kuta Bali

b. Sejarah
Joger sebenarnya bukan milik orang indonesia asli. Joger merupakan singkatan
dari Joseph dan Gerhard. Akhir bulan juli 1980, Josep dan Gerhard merintis usaha kecil-kecilan tanpa nama. Baru pada tahun 1981 mereka memakai nama Joger.
Mulai saat itulah orang-orang mengenal mereka dengan sebutan Pak Joger
atau Mr Joger. Tahun 1984, mereka berdua berhasil membuka toko Joger kedua. Usaha mereka mulai berjalan sangat lancar. Tetapi pada tahun 1987 mereka malah ingin mempunyai satu Joger saja.
Pada tahun 1990 mereka berganti nama menjadi pabrik kata-kata Joger. Mereka
adalah pabrik kata-kata ketiga didunia . sejak 7 juli 1998, produk asliJoger hanya dijual di Joger, Kuta, Bali saja. 

c. Keadaan
     Harga produk – produk Joger relatif mahal, yakni berkisar antara Rp 40.000, 00 – Rp 400.000,00 dan tidak ada penawaran ( harga mati ). Harga jual produk yang mahal mungkin dikarenakan mutu dan kualitas mereka yang bagus.
     Ruang penjualan di Joger di bagi 3 ruang yaitu
۩      Ruang Depan       : Menjual barang kerajinan khas jogger.
  Seperti mug, alat makan, lilin, dll.
۩      Ruang Tengah     : Menjual kaos
۩      Ruang VIP           : Menjual barang yang harganya lebih mahal dari ruang lain.

3.2.8 TARI BARONG

2027841-The_Barong-Bali

a. Lokasi
Lokasi pertunjukan seni tari Barong berada di Celuk Sukawati, Gianjar, Bali.

b. Sajian
Tari Barong menggambarkan tentang pertarungan antara kebajikan melawan kebatilan
Kebajikan di tuliskan oleh Barong, sedangkan kebatilan dilukiskan oleh Rangda. Berikut ini merupakan gambaran mengenai makna tari barong :
Gending Pembuka
Barong dan kera sedang berada didalam hutan yang lebat, kemudian datang tiga
orang bertopeng yang sedang membuat keributan dan merusak ketenangan hutan. Mereka bertemu dengan kera dan akhirnya bertarung.
Babak Pertama
Dua penari muncul, mereka mengambarkan pengikut Ragda yang sedang manari
mencari pengikut Dewi Kunthi yang sedang dalam perjalanan untuk menemui patihnya.
Babak Kedua
Pengikut Dewi Kunthi tiba. Salah seorang pengikut Rangda berubah menjadi
setan dan memasukan roh jahat kedalam pengikut Dewi Kunthi. Lalu keduanya
menemui patih dan bersama-sama menghadap Dewi Kunthi.


Babak Ketiga
Muncul Dewi Kunthi bersama anaknya Sahadewa. Dewi Kunthi berjanji
menyerahkan Sahadewa sebagai korban. Sebenarnya tidaksampai hati Dewi Khunti mengorbankan anaknya. Akan tetapi, akibat roh jahat yang ada di dalam tubuhnya yang mempengaruhi dirinya menyebabkan beliau menyebabkan mengorbankan Sahadewa. Dewi kunthi menyuruh patihnya yang juga terpengaruh roh jahat untuk membuang Sahadewa ke dalam hutan.
Babak Keempat
Turunlah Dewa Siwa yang memberikan keabadian kepada Sahadewa tanpa
sepengetahuan sang Rangda. Lalu sang rangda datang untuk membunuh Sahadewa, akan tetapi dia tidak bisa membunuh Sahadewa karena kekebalan yang diberikan Dewa Siwa. Akhirnya Rangda memohon ampun kepada Sahadewa dan minta untuk dimasukan ke surga. Permintaan Rangda dipenuhi oleh Sahadewa.
Babak Kelima
Kalika, salah seorang pengikut Rangda, pergi menghadap Sahadewa, dia           
meminta agar Rangda di kembalikan. Tetapi di tolak oleh Sahadewa. Penolakan ini menimbulkan perkelahian, lalu kalika berubah menjadi babi hutan. Dalam pertarungan ini Sahadewa mendapat kemenangan. Lalu kalika berubah menjadi burung yang sakti. Akan tetapi kalika mesih juga kalah. Akhirnya kalika berubah menjadi Rangda. Karena kesaktian Rangda yang jauh melampoi Sahadewa, Sahadewa pun berubah menjadi Barong. Mereka berdua sama-sama saktinya. Sehingga tidak ada yang menang dan yang kalah. Pertarungan mereka akhirnya menjadi pertarungan kekal, kabajikan melawan kebatilan.


3.2.9 Sangeh

sangeh_3

a. Keadaan
Sebuah tempat bermukimnya kera-kera. Saat kita memasuki sangeh kita akan mencium
Bau yang tidak sedap, yaitu adalah kotoran kera-kera yang ada disana. Dan yang boleh masuk adalah pria dan wanita yang sedang tidak berhalangan, entah mengapa wanita yang berhalangan tidak boleh masuk kedalam sangeh.
Disana kita akan didampingi oleh para pengelola yang ada disana. Kita harus berhati-hati
Dengan kera yang ada disana karena, kera disana tidak jinak alias masih liar. Kita juga harus berhati-hati karena mereka suka mengambil barang-barang yang kita bawa. Kita di sana juga dapat berfoto dengan kera caranya kita harus minta pada pengelola makanan kera, saat kita sudah di beri kita beri makan kera-kera itu dengan sendirinya kera itu akan datang kepada kita, kita tinggal memotretnya.
Setelah kita puas, kita akan diajak berjalan-jalan mengelilingi sangeh dan kita akan di
beritahu tentang asal-usul sangeh. Setelah kita berjalan jauh kita akan sampai pada sebuah pohon yang oleh masyarakat setempat di berinama pohon lanang-wadon karena dalam satu pohon itu terdapat bentuk menyerupai kelamin laki-laki dan perempuan. Disana juga terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir.




3.2.10 Pasar Seni  Sukawati
a. Lokasi
Pasar seni sukawati terletak di desa Sukawati, kecamatan Sukawati, kabupaten
Gianyar . Jarak dari Denpasar kurang lebih 13 km.

b. Sejarah
Dahulu kala ada Raja yang menyukai Tari Legong. saat itu, tarian tersebut ditarikan
oleh para lelaki. Raja mencoba mengganti dengan penari perempuan, ternyata tarian
tersebut lebih mempesona dengan penari wanita. Wanita yang menarikan tari legong ditemukan di daerah sukawati. Kemudian untuk selanjutnya tarian itu ditarikan oleh wanita. Karena raja suka melihat penampilan tarian tersebut tempat itu dinamai Sukawati.
Sebenarnya pasar Sukawati merupakan pasar tradisional. Akan tetapi menteri
Pariwisata merombaknya menjadi lebih baik sampai sekarang. Beliau merombak pasar ini dengan tujuan agar para wisatawan mudah barang yang di inginkannya.




3.2.11 Toko Dewata
Sebagai pusat souvenir & oleh - oleh khas Bali, Toko Dewata memberikan pelayanan terbaik dan kepuasan dalam berbelanja kepada seluruh pengunjung maupun pelanggan. Kami memberikan beraneka pilihan produk yang selalu mencitrakan unsur dan nuansa etnik Bali di setiap produk. Ditunjang dengan kualitas yang terjamin dan harga yang sangat terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Selain pakaian, kerajinan tangan dan aneka makanan khas Bali , kami juga menawarkan lokasi yang sangat strategis dekat tempat wisata Pantai Sanur, dengan akses perjalanan yang sangat mudah ditempuh dari beragam tempat wisata lainnya. Hamparan area parkir yang sangat luas merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan kepuasan, kenyamanan, dan keamanan kepada semua pengunjung.
Ciri khas dari kami adalah kaos dewata yang gaul dan tentunya berkualitas menarik,tentunya sesuai trend masa kini.kaos dewata adalah kaos yang kami produksi sendri.

3.2.12 Pulau Penyu
DSC01716

pulau penyu yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalan dengan menggunakan perahu yang bisa disewa dilokasi. Pulau penyu merupakan tempat pengembangbiakan berbagai spesies penyu yang hampir punah. Dilokasi ini pengunjung bisa melihat langsung dan bertanya-tanya seputar hal proses pengembang biakan penyu. Penyu-penyu yang ada dipisahkan diberbagai tempat berdasarkan ukuran tubuhnya. Ada yang masih berukuran jari hingga yang cukup besar dengan berat hingga puluhan kilo. Di pulau ini juga terdapat berbagai binatang lain seperti ular, kelelawar dan burung langka (???) yang dimungkinkan bagi pengunjung untuk memegang sekedar mengambil gambar/foto.
Satu paket dengan perjalanan ke Pulau Penyu, pengunjung juga bisa melihat objek wisata bawah laut. Perahu yang digunakan, telah didesain sedemikian rupa sehingga pada bagian dasar tengah perahu telah dipasang kaca yang memungkinkan bagi pengunjung untuk melihat dasar laut yang dangkal tanpa perlu berbasah-ria. Dari dalam perahu pengunjung bisa melihat ikan-ikan khas air laut yang kaya akan warna di bagian tubuhnya.


3.2.13 Bedugul
DSC01886

a. Lokasi
Lokasi ini berada di kawasan Bedugul, tepi Danau Beratan, dengan ketinggian sekitar
1400 m diatas permukaan air laut.

b. Keadaan
Bedugul kaya akan produk buah-buahan, sayur, dan bunga. Dikawasan tersebut
terdapat pura air Ulundalu, pura ini sangat indah karena sebagaian pura ini berada di kawasan berair ( terapung ) . Untuk itu mengunjungi pura pengunjung harus menggunakan speedboat karena pura ini tidak dapat di tempuh dengan perjalanan darat. Berikut  adalah gambar pura Ulundalu

balibedugul

Selain itu bedugul juga dapat digunakan sebagai wisata air seperti jetsky, naik speatboot, memancing, dan lain-lain, dikawasan bedugul juga terdapat minimarket dan toko-toko yang menjual berbagai macan souvenir khas bali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar